Pendidikan di Indonesia sudah banyak mengalami perubahan dari semua aspek pendidikan, salah satunya adalah kreatifitas seseorang yang dikreasikan dengan kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi akan memberikan ruang kepada seorang guru untuk menciptakan sebuah media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar terlebih lagi semenjak diharuskan pembelajaran dilakukan dari rumah yang disebabkan oleh Covid-19, maka guru dituntut menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Flipbook merupakan salah bentuk media pembelajaran yang dapat membantu memenuhi kebutuhan belajar siswa. Jenis penelitian iniĀ adalah penelitian dan pengembangan sedangkan model pembelajaran yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa. Subjek dan sasaran dari penelitian adalah siswa kelas VIII 3 MTsN Gowa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hasil penilaian validator diperoleh persentase kevalidan rata-rata sebesarĀ 4 (valid). Berdasarkan persentase kepraktisan diperoleh rata-rata 3,8 (praktis). Sementara itu, berdasarkan hasil tes belajar matematika siswa diperoleh rata-rata nilai sebesar 83,95 yang berarti bahwa nilai tersebut sudah memenuhi nilai KKM.
Copyrights © 2021