Sumba Journal of Research and Mathematics Education
Vol. 3 No. 2 (2021)

Kaka Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP N.1 Kota Tambolaka

Angel Kaka (Pendidikan Matematika, STKIP Weetabula)
Dekriati Ate (Unknown)
Samuel Rex M. Making (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan peserta didik di SMP N.1 Kota Tambolaka   dalam menyelesaikan soal-soal literasi numerasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IXC SMP N.1 Kota Tambolaka   dengan jumlah siswa 27 orang. Subjek yang dipilih untuk dideskripsikan hasilnya yaitu 6 subyek, keenam subyek dipilih berdasarkan kriteria baik sekali, baik, cukup, kurang dan kurang sekali, masing- masing kategori dipilih untuk diwawancarai. Jenis data yang dikumpuikan berupa data kualitatif dari hasil tes literasi numerasi siswa. Data dianalisis berdasarkan tahapan polya dan indikator literasi. Analisis data dilakukan berdasarkan tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil analisis data kemampuan literasi numerasi peserta didik pada tahap memahami masalah 44%, pada tahap merencanakan 32%, pada tahap melaksanakan rencana 13%, sedangkan tahap melihat kembali 11% termasuk kategori kurang sekali. Sehingga dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa untuk soal literasi numerasi masih tergolong rendah. Kata kunci: kemampuan literasi numerasi, polya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan ...