Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PRAKTIK KERJA KAYU

Setri Yeni (Fakultas Teknik,Universitas Negri Padang)
Iskandar G Rani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk mengungkapkan bagaimana persepsi mahasiswa terhadap efektivitas penggunaan multimedia interaktif pada mata kuliah Praktik Kerja Kayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa pendidikan teknik bangunan angkatan 2019 yang berjumlah 62 orang. adapun Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dibuat pada Google Form dan disebarkan melalui Whatsapp. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa Persepsi Mahasiswa Terhadap Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Praktik Kerja Kayu tergolong cukup. Hal ini dinyatakan dengan hasil pengolahan data sebesar 74,28%, pada aspek Persepsi terhadap objek melalui lambang-lambang fisik sebesar 73,21 % ,pada aspek Persepsi terhadap objek menanggapi sifat-sifat luar sebesar 77,74% , pada aspek objek tidak bereaksi 74,72 % , pada aspek zoom cloud meeting 68,21%, pada aspek Whatsapp 70%, pada aspek Youtube 76,38% dan pada aspek E-learning sebesar 73,06%. Artinya sudah cukup banyak mahasiswa yang mengerti dan memhami tentang multimedia interaktif yang digunakan selama pembelajaran daring terutama pada praktik kerja kayu walaupun masih ada beberapa mahasiswa yang kurang atau tidak memahami mengenai salah satu multimedia interaktif yang digunakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...