Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PREZI PADA MATA PELAJARAN KONTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN DI KELAS XI DPIB SMKN 2 SOLOK

Andre Malik (universitas Negeri Padang)
Oktaviani Oktaviani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Kontruksi Jalan Raya dan Jembatan ini bersifat mendasar yaitu pelajaran yang menjadi dasar mata pelajaran produktif lain dan aplikatif. Permasalahan yang ditemukan adalah media paling umum digunakan oleh guru adalah buku cetak, papan tulis, dan saat pembelajaran daring PowerPoint dan YouTube. Media yang kurang menarik menjadikan siswa kurang memahami materi dan tujuan pembelajaran, sehingga hal ini tidak tercapai secara optimal dan berdampak pada hasil belajar siswa. Guru dan siswa kurang berinteraksi saat pembelajaran karena motivasi rendah dan suasana belajar monoton. Motivasi punya pengaruh penting dalam menentukan hasil belajar. Pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis Prezi pada Mata Pelajaran Kontruksi Jalan dan Jembatan bertujuan untuk menghasilkan media yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan tahapan R&D (Research and Development) yang menyesuaikan model model 4D. Tahap penelitian model 4D yaitu Define, Design, Development and Dissemination. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media untuk ahli materi, ahli media, dan angket siswa. Berdasarkan penilaian produk oleh ahli materi 1 rata-rata skor 4,56 masuk dalam kelas sangat baik, sedangkan penilaian oleh ahli materi 2 rata-rata skor 4,3 masuk kategori sangat baik. Penilaian oleh ahli media 1 rata-rata skor 4,1 masuk kategori baik, sedangkan penilaian oleh ahli media 2 rata-rata skor 4,54 masuk kategori sangat baik. Penilaian dari 17 orang siswa kelas XI DPIB 2 SMKN 2 Solok rata-rata skor 81,98% masuk kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka media pembelajaran interaktif yang dihasilkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...