Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 2 No 4 (2021): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

KESIAPAN GURU DALAM MENGINDUKSI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA WORKSHOP PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

Randa Wahyudi Pradana (Universitas Negeri Padang)
Prima Zola (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat Kesiapan Guru dalam menginduksi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Workshop Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan metode Angket/kuesioner yang disebarkan kepada responden dan dokumentasi hanya sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Tingkat kesiapan guru dalam menginduksi K3 pada workshop Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Sumatera Barat yaitu 85,97% (Baik). Adapun hasil analisis tingkat Kesiapan ditinjau dari sebelas indikator adalah sebagai berikut: kepahaman K3 didapatkan skor ketercapaian sebesar 96,26% (Baik), manajemen K3 didapatkan skor ketercapaian sebesar 88,83%(Baik), tanggung jawab dan wewenang didapatkan skor ketercapaian sebesar 81,43%, perencanaan K3 didapatkan skor ketercapaian sebesar 85,13%(Baik), penyebarluasan informasi K3 didapatkan skor ketercapaian sebesar 88,83%(Baik), pengawasan didapatkan skor ketercapaian sebesar 88,86% (Baik), lingkungan K3 didapatkan skor ketercapaian sebesar 83,27%(Baik), pemeliharaan dan perbaikan didapatkan skor ketercapaian sebesar 88,86%(Baik), P3K didapatkan skor ketercapaian sebesar 83,25%(Baik), kesiapan keadaan darurat bencana didapatkan skor ketercapaian sebesar 83,27%(Baik), dan evaluasi didapatkan skor ketercapaian sebesar 77,7% (Baik).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...