Penelitian ini mengkaji evaluasi terhadap program literasi matematika sebagai instrumen pengembangan kecerdasan matematika di kalangan siswa SMPN I palasah. Penelitian ini menjadi penting untuk menjamin kelangsungan manajemen kegiatan literasi matematika dan perbaikan ke depan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan yang bersifat evaluatif. Dengan menggunakan model evaluasi program CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi untuk menilai siswa oleh guru serta penilaian diri oleh siswa. Objek penelitian yang dilibatkan adalah 4 orang guru dan 78 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik sebuah simpulan bahwa program literasi matematika di SMPN I palasah Majalengka, memberikan pengaruh besar terhadap pembentukan kemampuan berpikir matematika siswa, meskupun belum begitu maksimal. Keberhasilan ini didukung oleh kejelasn konteks kegiatan, input program, dan proses yang memadai. Meskipun masih terdepat kelemahan-kelemahan/ kendala seperti aspek motivasi dan keaktifan siswa yang masih terbatas serta persoalan covid-19.
Copyrights © 2021