Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 11 No. 1 (2022): DIDAKTIKA Februari 2022

Analisis Butir Soal Tes Uraian pada Mata Pelajaran SKI Kelas IX MTsS TI Candung Tahun Ajaran 2020/2021

Ardiansyah Azianto (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal Sejarah kebudayaan islam (SKI) ujian tengah semester genap bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Islamiyah (MTSs TI) Canduang Tahun Ajaran 2020-2021. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling. Peneliti memperoleh temuan bahwa (1) validitas isi soal soal Sejarah kebudayaan islam (SKI) ujian tengah semester genap tahun 2020/2021 menunjukan sangat tinggi. Hal ini ditunjukan dengan tingkat kesesuaian 100% seluruh butir soal tersebut dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan; (2) soal Sejarah kebudayaan islam (SKI) tengah semester genap tahun 2020/2021 ini memiliki tingkat reliabilitas atau tingkat konsistensi yang tinggi, dengan angka tes 0,60 (berada pada interval 0,60-0,80). Dapat dinyatakan bahwa butir soal Sejarah kebudayaan islam (SKI) ujian tengah semester genap bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Islamiyah (MTSs TI) Canduang Tahun Ajaran 2020-2021 dapat dipercaya kegunaannya. Apabila hasil ditinjau dari segi kesulitan adalah 60 % (0,60), dapat dikatakan dapat digunakan sebagai tes standar; (3) daya beda menunjukkan dapat diterima baik mencapai 90 % dan dapat diterima tapi perlu diperbaiki mencapai 10 %;

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...