Insight Management Journal
Vol. 2 No. 2 (2022): January

Pengaruh analisis swot dalam e-business (studi kasus e-business shopee di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)

Rizki Anggiani Simbolon (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)
Rizky Aryansyah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)
Nurbaiti Nurbaiti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Shopee saat ini menempati tahta tertinggi dalam dunia platform belanja online. Hal demikian sudah pasti bukan karena hasil yang diterima secara instan oleh pihak shopee, ada berbagai macam kelebihan-kelebihan yang dimiliki shopee yang mungkin saja tidak dimiliki oleh platform belanja online yang sama dengannya. Kajian ini akan mengulas kelebihan, kekurangan, peluang bahkan ancaman-ancaman yang datang pada pihak shopee. Untuk hal yang demikian akan digunakan konsep analisis SWOT. Analisis SWOT adalah suatu metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang menjadi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), serta ancaman (threats) yang bisa saja terjadi saat proses pencapaian sebuah tujuan dari suatu kegiatan bisnis atau usaha sebuah perusahaan dalam skala yang lebih luas. Dengan adanya hal yang demikian diperlukan kajian baik dari aspek internal maupun eksternal yang mempengaruhi suatu lembaga bisnis dapat mencapai target tujuan. Hasil akhir yang didapat adalah pengaruh analisis SWOT terhadap dunia e-business khususnya shopee.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Insight Management Journal ISSN 2774-1737 merupakan media akses terbuka dalam mempublikasikan artikel ilmiah, jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dalam bidang ilmu manajemen, dan artikel tersedia secara online, bebas tanpa berlangganan apapun. Artikel yang dikirimkan ke jurnal ini akan diproses ...