Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS)
Vol 3, No 1 (2021): IJTIS Volume 3 No 1 (Desember 2021)

ANALISIS SENTIMEN TERHADAP XIAOMI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

Ranita Wahyu Utami (Unknown)
Ahmad Jazuli (Unknown)
Tutik Khotimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, hampir seluruh aspek kehidupan manusia menggunakan teknologi untuk membantu tugasnya. Peran teknologi pada pekerjaan, dunia Pendidikan, maupun sebagai hiburan. Salah satu perusahaan elektronik yang digandrungi masyarakat adalah brand Xiaomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sentimen masyarakat terhadap brand Xiaomi menggunakan metode Naïve Bayes Classifier (NBC). Penelitian ini mengambil data dari media sosial twitter menggunakan teknik scrapping sebanyak 2.078 data tweet. Dalam proses analisis ini menggunakan library text bloob untuk mendapatkan labelling otomatis dari data tweet. Berdasarkan hasil penelitian, analisis sentimen terhadap brand Xiaomi mendapatkan akurasi sebesar 71.88% dengan data polaritas positif 39%, polaritas netral 51%, dan polaritas negatif sebesar 10%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijtis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) merupakan jurnal ilmiah dibawah pengelolaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Muria Kudus yang menyajikan artikel original tentang pengetahuan, hasil penelitian dan perkembangan terkini di bidang teknologi, ...