ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2022): ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat

Pembinaan Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan UMKM Warung Pidada

Ni Luh Nurkariani (STIE Satya Dharma Singaraja)
Putu Tania Wijayanti (STIE Satya Dharma Singaraja)
Komang Rina Martini (STIE Satya Dharma Singaraja)
Ni Komang Ayu Lidyawati (STIE Satya Dharma Singaraja)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2022

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan,terdapat dua permasalahan yang dialami Warung Pidada, yaitu pada aspek pemasaran dan aspek keuangan. Dalam aspek pemasaran Warung Pidada sendiri hanya menggunakan Facebook untuk memasarkan produk, sedangkan di era globalisasi seperti sekarang ini begitu banyak aplikasi media sosial yang bisa digunakan sebagai media penunjang dalam berwirausaha atau bisa dikatakan Warung Pidada kurang update dalam penggunaan teknologi. Dalam aspek keuangan UMKM Warung Pidada masih menggunakan pencatatan, perhitungan biasa dan juga tidak membuat laporan keuangan neraca atau laba rugi secara rinci. Atas permasalahan tersebut, mitra diberikan pembinaan tentang cara pembuatan akun media sosial Instagram dan Tiktok serta memberikan pembinaan tentang cara pembuatan laporan keuangan neraca dan laba rugi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah pemilik Warung Pidada lebih update dalam menggunakan media sosial untuk memasarkan produk dan juga bisa membuat laporan keuangan secara rinci agar pengelolaan keuangan menjadi stabil. Kata kunci: Pembinaan, Pemasaran, Keuangan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

arsy

Publisher

Subject

Humanities

Description

ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kapada Masyarakat is a scientific publication in the field of community service and empowerment by strengthening the fields research in applied science and social ...