Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang
Vol 4, No 2 (2021)

kemampuan penggunaan tanoshii dan ureshii mahasiswa tahun masuk 2019 prodi pendidikan bahasa jepang universitas negeri padang

sonia febriani (Unknown)
Damai Yani (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2021

Abstract

Dalam kategori I-Keiyoushii terdapat dua kata sifat mempunyai arti yang sama namun makna nya berbeda dalam kalimat bahasa Jepang, yaitu tanoshii dan ureshii. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian mengenai tanoshii dan ureshii ditinjau dalam segi maknanya berdasarkan kemampuannya. Dari hasil penelitian ini penulis merumuskan permasalahan, yaitu bagaimana kemampuan tanoshii dan ureshii mahasiswa tahun masuk 2019 prodi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang pengambilan datanya menggunakan tes yang diberikan kepada mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2019 Universitas Negeri Padang. Dari hasil penelitian, ditemukan rata-rata kemampuan tanoshii dan ureshii secara keseluruhan mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2019 Universitas Negeri Padang adalah 64,5 cukup baik dalam penggunaannya. Berdasarkan maknanya terdapat : (1) tanoshii bermakna menikmati suatu keadaan dengan rata-rata 60,5 (2) tanoshii bermakna menyatakan kesenangan yang berkaitan dengan kegiatan dengan rata-rata 70,6 (3) urehsii bermakna menyatakan senang sebab sesuatu yang diharapkan sesuai keinginan dengan rata-rata 65 (4) ureshii bermakna sebab mendapatkan sesuatu yang berharga dengan rata-rata 65,2. Dan dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat dijadikan evaluasidalam penyampaian materi pada proses pengajaran penggunaan kedua kata sifat tersebut, sehingga pemahaman pembelajar menjadi semakin baik lagi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

omiyage

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

OMIYAGE: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Jepang, which is published every Juni and Desember, consists of research-based and review articles, fresh ideas about Japanese language, literature, culture, as well as teaching and learning, which have never been published before. The scopes of this ...