Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) di Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi pada perguruan tinggi negeri yang ada di kota Medan, Sumatera Utara. Untuk pengujian hipotesis digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa secara serentak (simultan) motivasi prestise, motivasi karir, motivasi ekonomi, dan motivasi kualitas berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk. Namun secara parsial motivasi prestise tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap munculnya minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk, sedangkan motivasi karir, motivasi ekonomi, dan motivasi kualitas memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat untuk mengikuti PPAk di kalangan mahasiswa masih rendah untuk setiap kelompok responden.
Copyrights © 2021