ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran penjas di SMP Negeri 17 dan di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengampu pembelajaran penjas dengan jumlah sampel 4 orang guru penjas. Instrument peneliti menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa manajemen pembelajaran penjas di SMP Negeri 17 dan SMP Negeri 22 Kota Bengkulu dapat dikatakan berjalan dengan baik hanya saja perlu ditingkatkan kembali dengan cara guru terlebih dahulu melengkapi perlengkapan belajar seperti menyusun silabus, RPP sehingga tidak menimbulkan kesan bahawa guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam menjalankan tugas kesehariannya hanya sekedar membatalkan kewajibannya atau hanya sekedar memenuhi tuntutan dari atasan yang pada akhirnya hasil belajar siswa menjadi kurang optimal. Kata Kunci : Manajemen pembelajaran Penjas
Copyrights © 2021