Jurnal Ilmiah Multimedia & Komunikasi
Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi Vol. 6 No. 2, Bulan Desember 2021

Teknik Penerapan Variasi Shot dalam Produksi Program Feature Dokumenter Televisi “Negeri 1001 Ragam: Desa Kemuning”

Hanifah Nur Azizah (Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta)
David Kristiadi (Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Media masa televisi merupakan wadah informasi dan hiburan yang memberikan tayangan audio visual dalam berbagai program salah satunya program feature. Feature dokumenter televisi “Negeri 1001 Ragam: Desa Kemuning” mengangkat tema tentang perekonomian di Desa Kemuning, dengan narasumber bernama Kariyo Sami. Berdasarkan karya yang sudah ada sebelumnya, beberapa tayangan terkesan kurang menarik, maka karya ini diciptakan untuk membuat gambar yang disajikan lebih informatif dan menarik serta menghibur penonton dengan pengemasan karya menggunakan penerapan variasi shot. Alat bantu kamera seperti tripod dan handheld stabilizer sebagai alat penunjang untuk mendapatkan gambar variasi shot yang baik dan berkualitas. Teknik simple shot digunakan untuk mewujudkan aspek informasi dengan pengambilan gambar yang diam atau still, complex shot untuk aspek komposisi dengan pergerakan kamera panning, tilting dan developing shot untuk penerapan angle kamera dengan pergerakan kamera tracking, crabbing serta follow. Penggunaan lensa yang beragam meliputi lensa fix dan lensa wide, diharapkan dapat mendukung penerapan variasi shot pada program feature dokumenter ini dalam mewujudkan karya yang menarik dan informatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jimk

Publisher

Subject

Arts Computer Science & IT Control & Systems Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Imiah Multimedia dan Komunikasi memiliki fokus di bidang multimedia dan komunikasi seperti desain grafis, teknik animasi dan game, teknik pengolahan audio video, desain dan pengembangan web atau sistem informasi, media interaktif, fotografi, industri media, periklanan, komunikasi pemasaran, ...