Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 10 No 2 (2021): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi

Analisis Kendala Dan Alternatif Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadyah 1 Bangunrejo

Sulis Anjarwati (Universitas Nahdlatul Ulama Lampung)
Kusuma Wardany (Universitas Nahdlatul Ulama Lampung)
M. Khoirudin (Universitas Nahdlatul Ulama Lampung)
Cici Novitasari (SMA Muhammadyah 1 Bangunrejo)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kendala serta alternatif dalam menghadapi kendala pembelajaran biologi pada masa pandemi Covid-19 di SMA Muhammdyah 1 Bangunrejo, Kabupaten Lapung Tengah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejadian yang sedang dialami seluruh masyarakat dunia yaitu wabah pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA Muhammdyah 1 Bangunrejo dengan jumlah siswa 60 orang. Instrumen yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan penyebaran angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami banyak kendala selama proses pembelajaran biologi pada masa pandemi Covid-19. Kendala yang dialami setiap subjek berbeda-beda, namun kendala umum yang dirasakan adalah fasilitas yang mendukung proses pembelajaran biologi selama masa pandemi Covid-19. Pembelajaran yang menjadi pilihan selama masa pandemi adalah pembelajaran daring, dan pembelajaran yang dilakukan sebagai alternatif dalam menghadapi kendala yaitu melakukan pembelajaran luring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...