Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
Vol. 9 No. 1 (2022): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

URGENSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI

Triana Rosalina Noor (STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2022

Abstract

Banyaknya kendala dan kesulitan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi pertimbangan pemerintah dalam menentukan kebijakan belajar tatap muka terbatas pada pelaksanaan pembelajaran pada lembaga pendidikan. Berbagai persyaratan dan ketentuan harus dipenuhi oleh sekolah demi tercapainya proses pembelajaran secara tatap muka di masa pandemi sesuai protokol kesehatan. Artikel ini merupakan studi kepustakaan yang bertujuan untuk memaparkan tentang perencanaan pembelajaran pada masa pandemi agar proses belajar mengajar menjadi terarah dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Adapun perencanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi memerlukan persiapan yang cukup matang, baik oleh pihak pengelola lembaga pendidikan, guru, orang tua dan masyarakat. Perencanaan pembelajaran tersebut meliputi aktivitas yang akan dilakukan guru maupun siswa, penggunaan metode, sumber belajar, sarana prasarana dan media yang digunakan. Kata Kunci: perencanaan, pembelajaran, pandemi DAFTAR PUSTAKA Ananda, Rusydi, and Amiruddin Amiruddin. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2019. Fatihudin, Didin. Metode Penelitian. Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2015. Jaya, Farida. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2019. Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun, Hascaryo Pramudibyanto, and Barokah Widuroyekti. ‘Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19’. Jurnal Sinestesia 10, no. 1 (2020): 41–48. Kusuma, Wening Sekar, and Panggung Sutapa. ‘Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak’. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 1635–1643. Muhammad, Maulana, Fajar Setiawan, and Kunti Dian Ayu Afiani. ‘Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kota Surabaya’. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 6, no. 2 (2021): 949–959. Munir, Misbachul, M Ripin Ikwandi, and Triana Rosalina Noor. ‘Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19’. Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 4, no. 2 (2021): 697–710. Nadlir, Nadlir. ‘Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter’. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 2, no. 2 (2013): 339–352. Noor, Triana Rosalina. ‘Analisis Desain Fasilitas Umum Bagi Penyandang Disabilitas (Sebuah Analisis Psikologi Lingkungan)’. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi 2, no. 2 (2017): 133–150. ———. ‘Strategi Solutif Kepala Sekolah Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 Di SDN Sumput Sidoarjo’. Al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 9, no. 1 (2021): 20–31. ———. ‘Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai Agama Di KB Al Muslim Surabaya’. Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2017): 46–57. Noor, Triana Rosalina, and Era Monita. ‘Efisiensi Alokasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Masa Pandemi Covid-19’. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan 6, no. 1 (2021): 51–58. Priansa, Donni Juni. Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia, 2017. Puspita, Dewi Reka, Hambali Hambali, and Fadhillah Fadhillah. ‘Analisis Kesiapan Manajemen Sarana Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri 52 Banda Aceh)’. Jurnal Serambi Edukasi 5, no. 1 (2021): 103–111. Puspitasari, Ayu, and Triana Rosalina Noor. ‘Optimalisasi Manajemen Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Adversity Quotient (AQ) Siswa Selama Pandemi Covid-19’. Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 3, no. 2 (2020): 439–458. Ramadhan, Iwan, Ayu Manisah, Dini Agra Angraini, Diah Maulida, Sana Sana, and Nurul Hafiza. ‘Proses Perubahan Pembelajaran Siswa Dari Daring Ke Luring Pada Saat Pandemi Covid-19 Di Madrasah Tsanawiyah’. EDUKATIF: JJurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2022): 1783–1792. Sudrajat, Jajat. ‘Kompetensi Guru Di Masa Pandemi COVID-19’. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis 13, no. 1 (2020): 100–110. Suryapermana, N. ‘Manajemen Perencanaan Pembelajaran’. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 3, no. 2 (2017): 183–193. ‘Kemendikbud, Pemerintah Daerah Diberikan Kewenangan Penuh Tentukan Izin Pembelajaran Tatap Muka’. https://www.kemdikbud.go.id. ‘Panduan Penyelenggaraan Semester Genap Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi’. https://www.kemdikbud.go.id.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edusiana

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Library & Information Science

Description

Jurnal ini terbit 2 kali setahun menyajikan 5 artikel baik hasil penelitian maupun pemikiran yang terkait dengan bidang manajemen dan pendidikan Islam. Para penulis akan menempuh tahapan seleksi dari redaktur dan ...