Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 9, Nomor 3, September 2021

PENERAPAN METODE DRILL (LATIHAN) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA READING SKILL SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 12 BUTON TENGAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Iwan Amani (SMP Negeri 12 Buton Tengah)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menggunakan metode drill (latihan) untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris pada kemampuan membaca pada siswa kelas VIII.A di SMP Negeri 12 Buton Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Bentuk tes yang diberikan untuk penilaian siswa diwujudkan dalam dua bentuk penilaian: 1). Penilaian unjuk kerja dan 2). Penilaian bentuk tertulis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII A SMP Negeri 12 Buton Tengah mengalami peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode drill. Beberapa hasil penelitian yang menggunakan metode Drill menunjukan keberhasilan siswa dalam menguasai berbagai mata pelajaran termasuk dalam penelitian kebahasaan. Evaluasi angka akhir dengan tes tertulis dan tes unjuk kerja di atas menunjukan 74,1% siswa mencapai ketuntasan belajar baik nilai tes unjuk kerja dan tes tulis dengan nilai rata-rata nilai yang diperoleh di atas 70. Dari hasil belajar siswa dengan menggunakan jenis tes unjuk kerja dan tes tertulis ini, mengindikasikan bahwa pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 12 Buton Tengah dengan menggunakan metode drill cukup menunjukkan keberhasilan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...