Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 9, Nomor 3, September 2021

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 BUTON TENGAH

Ali Rahmat (SMP Negeri 15 Buton Tengah)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah 1). penggunaan media film pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Buton Tengah dapat meningkatkan keefektifan guru dalam pembelajaran IPS?; 2). penerapan media film pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Buton Tengah dapat meningkatkan Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS?; 3). Penerapan media film pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Buton Tengah dapat meningkatkan hasil belajar IPS?. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Buton Tengah. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, yang diawali dengan pembuatan perangkat pembelajaran secara kolaboratif antaraguru mata pelajaran IPS dengan peneliti, kemudian rencana kegiatan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media film, agar keefektifan guru dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu perlu untuk memperhatikan hal-hal berikut: Setelah selesai pembelajaran dalam satu siklus diadakan refleksi yaitu pembahasan berbagai permasalahan yang timbul untuk dicari pemecahannya serta diterapkan pada siklus berikutnya. Pada akhirnya ditemukan satu model pembelajaran yang paling sesuai untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil penelitian tindakan ini menunjukan bahwa ada peningkatan yang cukup signifikan pada motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS. Diharapkan hasil penelitian ini dapat diterapkan oleh guru mata pelajaran IPS yang disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing serta pada materi-materi pelajaran yang sesuai agar lebih menarik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...