Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 9, Nomor 3, September 2021

BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 BUTON TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Ermiyati Ande (SMP Negeri 15 Buton Tengah)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Buton Tengah. Jenis penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Hasil prasurvey menunjukan bahwa:(1) layanan bimbingan kelompok di SMP Negeri 15 Buton Tengah belum sesuai dengan ketentuan formal pelaksanaan layanan; (2) tingkat motivasi belajar beberapa siswa di SMP Negeri 15 Buton Tengah masih rendah. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok secara ideal sesuai dengan ketentuan formal pelaksanaan layanan. Hasil pelaksanaan tindakan menunjukan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata skor sebelum pelaksanaan tindakan adalah 56% (kategori rendah), pasca siklus 1 adalah 74% (kategori tinggi), dan pasca siklus 2 adalah 84 (kategori sangat tinggi). Peningkatan skor tersebut membuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 15 Buton Tengah Kabupaten Buton Tengah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...