Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 9, Nomor 3, September 2021

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PETA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 12 BUTON TENGAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Hasmillah Hasmillah (SMP Negeri 12 Buton Tengah)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Buton Tengah dengan penggunaan alat peraga peta pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan nilai pra siklus, nilai siklus I, dan nilai siklus II. Hasil evaluasi belajar yang dicapai siswa pada siklus II tingkat ketuntasan klasikal sudah memenuhi kriteria keberhasilan. Hal tersebut terbukti dari semua siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Buton Tengah yang terdiri dari 20 (dua puluh) siswa dapat lulus Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai rata-rata 85.33. Dengan demikian proses perbaikan pembelajaran dapat dikatakan telah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga peta, atlas dan gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 12 Buton Tengah Kabupaten Buton Tengah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...