MAGISTRA
Vol 26, No 89 (2014): Magistra Edisi September

FILSAFAT KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN SASTRA ANAK

Amertawengrum, Indiyah Prana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2014

Abstract

Filsafat konstruktivisme memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan. Aliran ini menghendaki agar peserta didik dapat menggunakan kemampuannya secara konstruktif. Dalam proses pembelajaran, aliran ini memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk membangun kebermaknaan sesuai dengan pemahaman yang telah dimiliki. Hal itu terlihat dari banyak cara belajar mengajar di sekolah yang didasarkan pada teori konstruktivisme, seperti cara belajar yang menekankan peranan peserta didikdalam membentuk pengetahuannya, sedangkan guru lebih berperan sebagai fasilitator yang membantu keaktifan peserta didik tersebut dalam pembentukan pengetahuannya. Penggunaan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran membawa implikasi pada: (1) Hubungan pendidik dan peserta didik ; (2)Tujuan pembelajaran;(3) Strategi pembelajaran; (4) Penataan lingkungan belajar; serta (5)Isi pembelajaran

Copyrights © 2014