Bisnis properti saat ini semakin menunjukkan perkembangan yang pesat. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya permintaan pasar terhadap bisnis properti. Toko Sunny Meubel merupakan toko furniture yang memiliki pelanggan yang beraneka ragam sehingga membutuhkan media promosi yang baik guna menambah minat pelanggan untuk datang ke toko dan membeli produk. Augmented Reality dapat membantu konsumen untuk melihat detail produk yang ditawarkan dengan menggunakan smartphone berbasis Android yang menangkap gambar melalui katalog yang dijadikan marker dengan menampilkan 3D produk yang dapat dilihat dari berbagai sudut. Adapun teknik untuk perancangan augmented reality ini adalah menggunakan metode marker based tracking. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Media Development Life Cycle (MDLC) yang dilakukan berdasarkan enam tahap, yaitu concept (konsep), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Hasil dari penelitian ini adalah mengimplementasikan teknologi Augmented Reality dengan metode MDLC dalam penerapan media promosi interaktif pada Toko Sunny Meubel. Aplikasi ini telah memenuhi standar pengujian ISO/IEC 25010, pada pengujian aspek functional suitability dengan skor 100% (sangat layak), pengujian aspek usabillity memperoleh skor 84,30% (sangat layak), dan pengujian aspek compatibility memperoleh hasil 100% (sangat layak) karena aplikasi dapat berjalan dengan baik pada tipe perangkat smartphone yang berbeda.
Copyrights © 2021