Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 3, No 2 (2021): Bioeduca : Journal of Biology Education

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Studi Kasus Terintegrasi Nilai Islam

Inna Saftina (Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Muhammad Muttaqien (Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Hadiansah Hadiansah (Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Hasil wawancara di salah satu MA swasta di kota Bandung, menunjukkan bahwa sumber belajar yang mampu mengintegrasikan materi umum dengan nilai-nilai keislaman sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berbasis metode studi kasus terintegrasi nilai Islam pada materi sistem gerak manusia. Metode penelitian menggunakan RD dengan model 4D yang dibatasi sampai pada 3D (define, design, develop). Subjek penelitian terdiri dari 20 peserta didik kelas XI MIA MA Al-Jawami Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan uji validasi ahli materi, media dan guru mata pelajaran, serta angket uji keterbacaan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan kategori sangat layak berdasarkan uji validasi dengan persentase rata-rata 89%. Bahan ajar diujicobakan secara terbatas dengan hasil uji coba termasuk kategori sangat layak dengan persentase 95%. Presentase keseluruhan bahan ajar tersebut yakni 92%, artinya bahan ajar yang dikembangkan dinilai sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar peserta didik di MA.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...