Sepeda motor merupakan alat transportasi darat yang sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu maka untuk memperbaiki performa sepeda motor agar dapat bekerja secara maksimal perlu dilakukan beberapa perubahan. Bagian motor bakar yang paling banyak dimodifikasi adalah intake manifold. Saat ini ada banyak tuntutan dalam industri otomotif yaitu untuk menghasilkan kendaraan yang mampu menghasilkan performa yang tinggi (high performance) dan juga harus dapat menghemat pemakaian bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variasi bentuk diameter intake manifold terhadap kinerja mesin. Pengujian dilakukan dengan pemasangan intake manifold yang sudah divariasikan terhadap torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar sepeda motor roda tiga 150 cc. Analisa data menggunakan metode uji coba langsung dengan menggunakan alat Tachometer dan mencatat data-data hasil pengujian yang akan dilakukan, dengan percobaan pemasangan intake manifold dengan diameter 30 mm, 32 mm, dan 34 mm terhadap kerja mesin motor pada putaran mesin ditentukan pada 3000 rpm dengan variabel dari bentuk diameter intake manifold. Hasil penelitian menunjukan intake manifold variasi 34 mm lebih unggul dengan nilai daya 9,6 HP dengan torsi 16686,15 N.mm dibandingkan dengan intake 30 mm dan 32 mm, jadi intake manifold 34 mm lebih unggul dalam performanya.
Copyrights © 2021