FOUNDASIA
Vol 12, No 2 (2021)

Pembelajaran pengenalan tumbuhan melalui Cooperative Script pada peserta didik Kelas IV di SDN 37 Sui Ambawang Kabupaten Kuburaya

Siti Afidah (SD 37 SUI AMBAWANG KABUPATEN KUBURAYA)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengenalan tumbuhan melalui Cooperative Script pada peserta didik Kelas IV di SDN 37 Sui Ambawang, Kabupaten Kuburaya yang awalnya peserta didik belum bisa mengenal dengan berbagai nama karakteristik tumbuhan. Melalui Cooperative Script maka setiap peserta didik diharapkan mampu mengulang dan memahami nama-nama tumbuhan secara mudah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV di Sekolah Dasar 37 Sui Ambawang yang berjumlah 15  siswa. Pada saat pembelajaran di lakukan keadaan pseserta didik masih di rasa kurang pemahaman peningkatan pengetahuan di mana pada saat pra siklus dari 15 peserta didik baru lulus 3 peserta didik  dengan persentasi 20%, di lanjutkan ke siklus 1 lulus 11 peserta didik didik dengan persentasi 73% dan di lanjutkan siklus II dengan perbaikan perencanaan dan pelaksaan yang akurat, tepat dan penuh kemandirian yang mendukung dan upaya yang besar  baru bisa di katakan lulus 15 peserta didik dengan persentasi 100%, dengan adanya model Cooperative Script pembelajaran peserta didik lebih mudah diterima karena terjadi pengelompokan dan kemandirian secara merata dan akuntabel meberdayakan kelompok yang lebih kecil dan efektif.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

foundasia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOUNDASIA is an open access, and peer-reviewed journal. FOUNDASIA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on foundations of education ...