Para konsumen sangat cemas dengan tingginya harga, produk berbahaya dan bermutu jelek
dan iklan-iklan yang menyesatkan serta berbagai masalah yang terkait dengannya (Soetomo, 1994) Sistem
pemasaran dituduh sebagai penyebab tingginya harga yang lebih tinggi dari harga yang sewajarnya karena
gencarnya iklan.
Secara umum praktik-praktik penipuan tersebut dapat dibagi menjadi tiga kelompok ( Soetomo, 1994)
yaitu:Deceptive Pricing, meliputi praktik-praktik seperti iklan tentang harga produk atau harga grosir yang
tidak benar atau iklah yang memperlihatkan suatu penurunan harga yang sangat besar Deceptrive Promotion,
mencakup terlalu melebih-lebihkan cirri-ciri produk. Menyatakan jaminan yang sebenarnya tdak ada,
memperlihatkan foto-foto yang tidak benar Deceptive Packaging yaitu yang melebih-lebihkan isi sebenarnya
dari sebuah kemasan melalui desain yang mengelabuhi secara halus, tidak mengisi kemasan
Kata Kunci : Sistem pemasaran, tingginya harga, produk berbahaya
Copyrights © 2012