MAGISTRA
Vol 24, No 82 (2012): Magistra Edisi Desember

DAMPAK NEGATIF SISTEM PEMASARAN PADA KONSUMEN

Wiyata, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2012

Abstract

Para konsumen sangat cemas dengan tingginya harga, produk berbahaya dan bermutu jelek dan iklan-iklan yang menyesatkan serta berbagai masalah yang terkait dengannya (Soetomo, 1994) Sistem pemasaran dituduh sebagai penyebab tingginya harga yang lebih tinggi dari harga yang sewajarnya karena gencarnya iklan. Secara umum praktik-praktik penipuan tersebut dapat dibagi menjadi tiga kelompok ( Soetomo, 1994) yaitu:Deceptive Pricing, meliputi praktik-praktik seperti iklan tentang harga produk atau harga grosir yang tidak benar atau iklah yang memperlihatkan suatu penurunan harga yang sangat besar Deceptrive Promotion, mencakup terlalu melebih-lebihkan cirri-ciri produk. Menyatakan jaminan yang sebenarnya tdak ada, memperlihatkan foto-foto yang tidak benar Deceptive Packaging yaitu yang melebih-lebihkan isi sebenarnya dari sebuah kemasan melalui desain yang mengelabuhi secara halus, tidak mengisi kemasan Kata Kunci : Sistem pemasaran, tingginya harga, produk berbahaya

Copyrights © 2012