Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL)
Vol 2 No 3 (2022): Vol 2 Issue 3 (2022)

Disiplin Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Batusangkar

Ratih Elvikha Yulasri (Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Syahril Syahril (Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Yulianto Santoso (Unknown)
Tia Ayu Ningrum (Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menggambarkan tingkat disiplin belajar siswa di SMK Negeri 2 Batusangkar. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi pada peneltian ini yaitu semua siswa di SMK Negeri 2 Batusangkar dengan jumlah 285 orang siswa. Penarikan sampel menggunakan teknik acak atau simple random sampling. Sumber data pada penelitian ini adalah beberapa orang siswa yang telah terpilih menjadi sampel dan guru yang menjadi wali kelas sebanyak 16 orang. Pada penelitian ini alat pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan model skala linkert dan untuk melakukan uji validitas dan reliabilitas angket dibantu dengan oleh aplikasi SPSS 28.0. Hasil penelitian menunjukkan disiplin belajar siswa dilihat dari persepsi siwa yaitu : 1) disiplin dalam kelas termasuk di tingkat tinggi dengan jumlah skor 3,60 2) disiplin waktu termasuk di tingkatan sangat tinggi dengan jumlah skor 3,82; 3) disiplin sikap termasuk di tingkatan tinggi dengan jumlah skor 3,67 dan 4) disiplin mengerjakan tugas termasuk di tingkatan sedang dengan jumlah skor 319. Sedangkan berdasarkan persepsi wali kelas yaitu: 1) disiplin dalam kelas termasuk di tingkatan sedang dengan jumlah skor 3,33; 2) disiplin waktu termasuk di tingkatan sedang dengan jumlah skor 3,31; 3) disiplin sikap termasuk di tingkatan sedang dengan jumlah skor 3,01 dan 4) disiplin mengerjakan tugas dengan tingkatan sedang dengan skor rata-rata 3,02.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jeal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences Other

Description

Ruang Lingkup pembahasan Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) yaitu perencanaan pendidikan, manajemen pendidikan, pengawasan pendidikan, kepemimpinan, manajemen sekolah, administrasi sekolah, manajemen sumber daya manusia, komunikasi organisasi, hubungan masyarakat, ...