An-Nuha : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1 No 4 (2021): Islamic Education

Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum 2013

Arna Waliah Marunduri (Universitas Negeri Padang)
Wirdati Wirdati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan Kurikulum 2013 yang diharapkan dapat melahirkan generasi bangsa yang produktif, kreatif, dan berkarakter. Namun harapan tersebut belum tercapai karena guru yang menerapkan Kurikulum 2013 mengalami kesulitan, seperti yang dialami guru Pendidikan Agama islam (PAI) di SD Negeri 53 Kampung Jambak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika guru PAI dalam menerapkan Kurikulum 2013 khususnya Standar Proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan serta keabsahan datanya diperiksa melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah guru PAI mengalami problem pada perencanaan pembelajaran yaitu kesulitan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK dan kesulitan mengembangkan materi dalam RPP, kesulitan menerapkan pendekatan scientifik pada pelaksanaan pembelajaran, serta kesulitan menyusun soal HOTS pada evaluasi pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

annuha

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Teaching Education Development Islamic Education Material Learning Models and Strategies Curriculum Philosophy of Islamic Education Politics of Islamic Education History of Islamic Education Educators and ...