An-Nuha : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1 No 4 (2021): Islamic Education

Metode Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Alquran Peserta Didik

Indah Fadilatul Kasmar (Universitas Negeri Padang)
Fuady Anwar (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam pembelajaran Alquran di Pesantren Perkampungan Minangkabau dan mengetahui metode yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan tersebut serta menganalisis hasil yang dicapai oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik Purposive Sampling yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk kesulitan yang dialami oleh peserta didik, yaitu kesulitan memahami Makhrajal Huruf, Tajwid dan bentuk huruf Hijaiyah yang bersambung dengan huruf lain. Strategi yang digunakan guru untuk mengatasi kesulitan tersebut yaitu dengan mengadakan kelas khusus, kelas khusus ini diklasifikasikan ke dalam dua tingkatan, pertama kelas khusus dengan menggunakan metode Iqro’, kedua menggunakan metode Qira’ati. Dari hasil belajar peserta didik, terdapat peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah strategi ini diterapkan, artinya strategi ini dapat mengatasi kesulitan peserta didik dalam pembelajaran Alquran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

annuha

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Teaching Education Development Islamic Education Material Learning Models and Strategies Curriculum Philosophy of Islamic Education Politics of Islamic Education History of Islamic Education Educators and ...