Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Peranan Pendidik dalam PembelajaranBerbasis Teaching Factory di Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan. Subjek utama penelitian ini adalah pengelola sekolah SMK Muhammadiyah 1 Klaten. Informan kunci adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data dalam situs, analisis data tertata serta data tidak tertata. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas.Simpulan dari penelitian ini  adalah;           Jika aktivitas Pendidik     dalam pembelajaran berbasis teaching factory ingin  terlaksana dengan efektif .maka guru harus menyadari untuk mengembangkan, 1) Pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman yang terus menerus, 2) Memiliki karakter yang kuat, 3) Memiliki dan menggunakan model pembelajaran aktif Keyword: Teaching Fctory, Peranan, Pendidik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013