cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. klaten,
Jawa tengah
INDONESIA
Kiat Bisnis
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi
Arjuna Subject : -
Articles 150 Documents
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar Siswa Berbasis Teaching Factory di Sekolah Menengah Kejuruan Haris, Abdul
Kiat Bisnis Vol 5, No 1 (2012): Kiat BISNIS Desember
Publisher : Kiat Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.336 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Faktor-faktor  yang Mempengaruhi Belajar Siswa Berbasis Teaching Factory di Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan. Subjek utama penelitian ini adalah pengelola sekolah SMK Muhammadiyah 1 Klaten. Informan kunci adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data dalam situs, analisis data tertata serta data tidaktertata. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas.Simpulan dari penelitian ini  adalah: Jika siswa ingin menjadi lulusan yang memiliki kemampuan, ketrampilan dan pengetahuan yang baik dan siap bersaing di dunia kerja maupun masyarakat, maka siswa harus menjadi pembelajar yang efektif, memiliki sikap belajar yang positif dan meningkatkan pembelajaran seumur hidup Keyword: Teaching Fctory, Faktor, Siswa
Perlunya Mempelajari Kepemimpinan Dalam Kehidupan Manusia Sehari Hari Marjukah, Anis
Kiat Bisnis Vol 5, No 2 (2013): Kiat BISNIS Juni
Publisher : Kiat Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.336 KB)

Abstract

Di dalam manajemen sumber daya manusia, faktor produksi yang dikhususkan adalah yang berhubungan dengan manusia dan segala kegiatannya dalam suatu usaha perorangan, badan usaha atau perusahaan, lembaga maupun instansi, sehingga faktor produksi manusia dapat berguna sebesar-besarnya sesuai dengan yang diharapkan. Manusia dalam kehidupan sehari hari mengalami kepemimpinan dalam berbagai bentuk.Banyak studi di lakukan untuk mempelajari masalah pemimpin dan kepemimpinan dengan menonjolkan satu atau beberapa aspek tertentu sesuai dengan ide pencetus. Ki Hadjar Dewantoro mencetuskan kepemimpinan Pancasila, yang terdiri dari tiga kalimat: yaitu Ing ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Keberhasilan seorang pemimpin akan sangat tergantung pada penerapan gaya kepemimpinan yang dipilih yang sesuai dengan tuntutan situasi. Metode kepemimpinan ialah cara bekerja dan bertingkah laku pemimpin dalam membimbing para pengikutnya untuk berbuat sesuatu, diharapkan dapat membantu keberhasilan pemimpin dalam melakukan tugas. Keywords: kepemimpinan, gaya
Jasa, Harapan Dan Pengalaman Prasetyo, Jarot
Kiat Bisnis Vol 5, No 1 (2012): Kiat BISNIS Desember
Publisher : Kiat Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.336 KB)

Abstract

Pembentukan perilaku konsumen khususnya terhadap produk jasa, setidaknya melalui tiga tahap, yaitu tahap sebelum pembelian (the prepurchase stage), tahap konsumsi (the consumption stage), tahap evaluasi setelah pembelian (postpurchase evaluation). Pada seorang konsumen baru, harapan konsumen dianggap sebagai suatu prediksi terhadap berbagai kemungkinan kejadian selama transaksi di masa mendatang. Pengalaman berikutnya adalah hasil evaluasi yang didasarkan pada perbandingan antara harapan dengan kenyataan kinerja sebenarnya dari pelayanan tersebut.  KeywordsJasa, kualitas jasa, harapan konsumen jasa, perilaku konsumen jasa, pengalaman konsumen produk jasa.
Kajian Historis Filosofi Ilmu Pengetahuan Pemasaran Hadi H, Abdul
Kiat Bisnis Vol 5, No 2 (2013): Kiat BISNIS Juni
Publisher : Kiat Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.336 KB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Pemasaran sering dipandang sebagai sebuah masalah sosial secara potensial berhubungan dengan kebaikan disamping itu ada kemungkinan berkontribusi pada keburukan. Ilmu Pengetahuan Pemasaran adalah sebuah kekuatan netral yang dapat digunakan untuk azas kemanfaatan bukan sebaliknya. Oleh karena itu perlu kajian historis filosofi ilmu pengetahuan pemasaran dari dimensi ontologi, epistimologi dan aksiologi kemudian dilanjutkan dengan pembahasan perkembangan ilmu pengetahuan pemasaran yang mengarah pada pendekatan praktis. Keyword : Ilmu Pengetahuan Pemasaran, filosofi, ontology, epistimologi, aksiologi
Pengelolaan Pelatihan Ketenagakerjaan Di Balai Besar Latihan Kerja Industri Surakarta Sri Irwanto, Wahyu
Kiat Bisnis Vol 5, No 1 (2012): Kiat BISNIS Desember
Publisher : Kiat Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.336 KB)

Abstract

The purpose of this study was to describe (1) the characteristics of the training program in the Center for Industrial Training Surakarta. (2) the characteristics of the training infrastructure in the Great Hall of the Industrial Training Surakarta. (3) characteristics of the implementation of training programs in the Center for Industrial Training Surakarta. Type of research is a qualitative research, ethnographic research design. Data collection techniques using in-depth interviews, participant observation method and the method of documentation. The analysis in this study is to use cross-site analysis model. The timing of the custom-tailored training, for this kind of basic instructor training program conducted for 7 months, PBK program dilaksanan range 1-3 months, and upgrading program implemented about 1 month. Keywords: management; employment; training.
Analisis Pengaruh Interaksi Pengetahuan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Kewirausahaan Nursito, Sarwono; Julianto Sri Nugroho, Arif
Kiat Bisnis Vol 5, No 2 (2013): Kiat BISNIS Juni
Publisher : Kiat Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.336 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kegiatan kewirausahaan mahasiswa. Untuk mencapai terebut maka dijabarkan dalam  target khusus, yaitu mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi intensi kewirausahaan mahasiswa. Secara spesifik, target khusus penelitian ini adalah mengetahui bagaimanakah  pengaruh interaksi antara  pengetahuan yang didapat dari pendidikan kewirausahaan dengan efikasi diri terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa. Pencapaian tujuan tersebut dilakukan dengan tahapan-tahapan yang menjadi rencana penelitian yang akan dijalankan. Pengembangan instrumen penelitian untuk mengukur berbagai variabel yang diteliti, termasuk pula didalamnya uji coba instrumen  merupakan langkah awal penelitian. Setelah data terkumpul, tahapan selanjutnya adalah analisis data untuk menguji hipotesis penelitian untuk mengetahui pola hubungan antar variabel. Proses penelitian diakhiri dengan pembahasan terhadap temuan penelitian dan penarikan simpulan berdasarkan hasil yang didapatkan. Keywords:kewirausahaan, intensi kewirausahaan, pengetahuan kewirausahaan, pendidikan kewirausahaan, efikasi diri, mahasiswa.
Model Integrasi Pelaporan Emisi Karbon Dalam Laporan Keuangan Purwanti, Titik
Kiat Bisnis Vol 5, No 1 (2012): Kiat BISNIS Desember
Publisher : Kiat Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.336 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Standar  Akuntansi Karbon (SAK), sistem Kontrol Keuangan (SKK), Manajemen Penjualan (MP), jaminan Corporate Governance (CG) dan faktor Audit karbon (Audit) berpengaruh terhadap paradigma accounting.Populasi dalam penelitian ini adalah perusahan manufaktur di Jawa Tengah. Sampel penelitian diambil dari populasi dengan teknik purposive random sampling. Cara pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan direct mail survey melalui surveyor yang sebelumnya telah mendapatkan pengarahan dari peneliti.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Standar Akuntansi Karbon berpengaruh positif dan signifikan (p:0,000 < 0,05) terhadap Paradigm Carbon accounting,Sistem Kontrol Keuangan berpengaruh positif dan signifikan (p:0,000 < 0,05) terhadap Paradigm Carbon accounting, Manajemen penjualan berpengaruh positif dan signifikan (p:0,009 < 0,05) terhadap Paradigm Carbon accounting, Corporate Governance berpengaruh positif dan signifikan (p:0,014 < 0,05) terhadap Paradigm Carbon accounting, Audit karbon berpengaruh positif dan signifikan (p:0,007 < 0,05) terhadap Paradigm Carbon accounting.Keywords : standar akuntansi karbon, control keuangan, manajemen penjualan, jaminan corporate governance, faktor audit karbon, paradicma accounting
Pengembangan Kewirausahaan Yang Didukung Penelitian Di Bidang Kewirausahaan di Perguruan Tinggi Sebagai Cara Alternatif Mengurangi Tingkat Pengangguran Terdidik Prasetyo, Jarot
Kiat Bisnis Vol 5, No 2 (2013): Kiat BISNIS Juni
Publisher : Kiat Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.336 KB)

Abstract

Pengangguran terdidik di Indonesia setiap tahun terus bertambah. Peningkatan pengangguran terdidik jelas membahayakan. Selain menunjukkan adanya ketimpangan (mismatch), itu memperlihatkan kegagalan pemerintah dalam menciptakan sistem pendidikan bagi rakyatnya. Guna menekan kenaikan jumlah pengangguran terdidik, melalui tri dharma perguruan tinggi, tidak ada pilihan bagi perguruan tinggi (PT) dan dunia pendidikan untuk mengubah paradigma. Jika semula lebih menekankan pada aspek kecerdasan konseptual (kognitif), kini harus dibarengi penanaman jiwa kewirausahaan (entrepreneurship). Dalam pelaksanaannya, salah satu program strategis yang dikembangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi adalah program kewirausahaan mahasiswa.  KeywordsKewirausahaan, pengangguran terdidik, tri dharma perguruan tinggi, program kewirausahaan mahasiswa.
Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Peran Ekstra Guru Di Sekolah Nugroho Jati, Agung
Kiat Bisnis Vol 5, No 1 (2012): Kiat BISNIS Desember
Publisher : Kiat Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.336 KB)

Abstract

Kepemimpinan trasformasional merupakan gaya kepemimpinan yang mengutamakan pemberian kesempatan, dan atau mendorong semua unsur yang ada di sekolah untuk bekerja atas dasar sistem nilai yang luhur, sehingga semua unsur yang ada di sekolah bersedia tanpa paksaan berpartisipasi secara optimal dalam mencapai tujuan sekolah. Berdasarkan kajian teori dan temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa dampak yang ditimbulkan oleh kepemimpinan transformasional adalah meningkatnya perilaku peran ekstra karena pemimpin mendorong anggotanya untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dan mengeluarkan seluruh potensi yang dimiliki individu dalam melakukan tugasnya. Kepala sekolah perlu menerapkan kepemimpinan transformasional agar mendorong munculnya perilaku peran ekstra pada semua unsur. di sekolah, khususnya para guru yang pada akhirnya diharapkan akan mampu meningkatkan mutu pendidikan.  Keywords : kepemimpinan transformasional, perilaku peran ekstra
Pengembangan Model Student-Based University Reputation Terintegrasi sebagai Strategi untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah Nursito, Sarwono; Julianto Sri Nugroho, Arif
Kiat Bisnis Vol 5, No 1 (2012): Kiat BISNIS Desember
Publisher : Kiat Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.336 KB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengembangkan model reputasi perguruan tinggi swasta dengan basis penilaian dari mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan menganalisis variabel hasil relasi mahasiswa dengan perguruan tinggi swasta, kualitas jasa pendidikan dan budaya organisasi perguruan tinggi swasta yang merupakan anteseden reputasi perguruan tinggi swasta dan menguji pengaruhnya terhadap reputasi perguruan tinggi swasta. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis pengaruh perilaku supportif mahasiswa sebagai konsekuen reputasi dan menguji pengaruhnya terhadap reputasi perguruan tinggi swasta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis penelitian terdukung. Anteseden reputasi, yaitu hasil relasi mahasiswa dengan perguruan tinggi swasta, kualitas jasa pendidikan dan budaya organisasi perguruan tinggi swasta berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perguruan tinggi swasta. Selain itu itu, reputasi perguruan tinggi swasta tersebut juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku suportif mahasiswa.  Keywords : reputasi, perilaku suportif, kualitas layanan, budaya organisasi, hasil relasi. Mahasiswa.

Page 1 of 15 | Total Record : 150