Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022

Pengembangan LKPD Berorientasi Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Teori Kinetik Gas Tingkat SMA/MA/SMK Sederajat

Yurika, Yurika (Unknown)
Sahara, La (Unknown)
Anas, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Penelitian R&D guna menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pemgembangan ADDIE dengan rincian analisis (analysis) desain/perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil dari penelitian pengembangan ini diperoleh bahwa  kelayakan LKPD oleh validator materi diperoleh indeks kesepakatan akhir 0,87 yang berarti dalam kriteria sangat tinggi, berdasarkan validator media diperoleh indeks kesepakan akhir 0,86  yang berarti dalam kriteria sangat tinggi. Kepraktisan LKPD dilihat dari respon guru dan peserta didik, dari guru dikategorikan sangat praktis 94,79% dan dari peserta didik 91,04 % dikategorikan sangat praktis. Keefektifan dilihat dari hasil tes ketercapaian kompetensi, hasil tes peserta didik telah mencapai KKM (70)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...