Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan
Vol 18, No 1 (2022): RAUSYAN FIKR

PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA KELAS VII DI MTS PONDOK PESANTREN DAARUL MUTTAQIEN 1

Zulkifli Zulkifli (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Andreyan Syahputra (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sri Damayanti (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2022

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini di latar belakangi oleh: peran guru aqidah akhlak dalam mebentuk kepribadian siswa kelas VII Di MTS Pondok Pesantren Daarul Muttaqien 1. Dalam hal ini peran guru aqidah akhlak merupakan bagian terpenting dalam proses pembentukan kepribadian dan karakter bagi siswa. Dan oleh karena itu melalui peran guru aqidah akhlak bertujuan untuk setiap siswa memiliki kepribadian yang berakhlakul karimah guna sebagai dampak yang baik bagi kehidupan setiap manusia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peran guru Aqidah Akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas VII di MTS Pondok Pesantren Daarul Muttaqien 1; 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta solusi guru Aqidah Akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas VII di MTS Pondok Pesantren Daarul Muttaqien 1. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pada Peran guru Aqidah Akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas VII di MTS Pondok Pesantren Daarul Muttaqien, memiliki peran penting karena peran guru aqidah akhlak bukan hanya sebagai pengajar, namun juga sebagai pembimbing dan pengarah, peran guru aqidah akhlak juga bertujuan untuk membentuk kepribadian setiap siswa agar setiap siswa dapat memiliki akhlakul karimah dan juga sesuai pada moto dari Pondok Pesantren Daarul Muttaqien yaitu unggul dalam bidang Iman, Ilmu, maupun Akhlak; 2) Terdapat beberpa faktor penghambat yang di alami guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa. Namun semua itu dapat diatasi juga dengan beberapa faktor yang ditemukan yang dapat mendukung peran guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RausyanFikr

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Rausyan Fikr adalah jurnal yang didirikan dari tahun 2008 oleh fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tangerang Banten. jurnal rausyan fikr memuat penelitian-penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Perbankan ...