Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan
Vol 18, No 1 (2022): RAUSYAN FIKR

PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK AL HIKMAH CURUG KABUPATEN TANGERANG

Dila Rosdiana Sofya (Universitas Syekh Yusuf Tangerang)
Ahmad Haromaini (Universitas Syekh Yusuf Tangerang)
Faiz Fikri Al Fahmi (Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK  Metode Problem Solving Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di  SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang. Dengan jumlah populasi sebanyak 114 siswa/siswi dan sampel nya 66  dan pada tingkat 0,01 dan 0,05 untuk uji dua pihak. Pendidikan Agama dalam sekolah itu sangat penting, tetapi juga harus menggunakan metode yang tepat agar penyampaian suatu materi memberikan kesan yang bermakna. Saya menggunakan Metode problem solving bukan hanya sekedar metode pembelajaran tetapi juga merupakan suatu metode berpikir, sebab dalam problem solving dapat menggunakan metode-metode lainnya dimulai dengan mencari data sampai kepada menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dan menggunakan rumus Product Moment, dan pendekatan kuantitatif dengan melalui Skala Likerts, dari hasil perhitungan diperoleh hasil sebagai berikut Hal ini diperkuat dalam didapatnya hasil dengan tingkat kesalahan 5% ( 0,05 ) diperoleh dari hasil thitung 17,56 sementara  ttabel 2,000 atau  (thitng 17,56 > ttabel 2,000). Maupun pada taraf signifikan dengan tingkat kesalahan  1% (0,01) diperoleh dari hasil thitung 17,56 sementara ttabel 2,660 atau (thitung 17,56 > ttabel 2,660). Dan hasil penelitian dari perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui pengaruh metode problem solving terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam   terdapat 82,8%  pengaruh yang sangat kuat dan selebihnya 17,8%  dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian Ho yang menyatakan tidak ada pengaruh metode problem solving terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang di tolak dan demikian Ha diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RausyanFikr

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Rausyan Fikr adalah jurnal yang didirikan dari tahun 2008 oleh fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tangerang Banten. jurnal rausyan fikr memuat penelitian-penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Perbankan ...