Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat
Vol 3, No 1 (2022): Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI PELATIHAN BMC PADA MITRA UMKM

Aditya Candra Lesmana (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia. Pandemic Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia berdampak secara langsung pada UMKM khususnya di Kota Bandung. Banyak dari UMKM yang mengalami penurunan pendapatan bahkan sebagian lagi harus gulung tikar karena semakin sepi nya pembeli. Selain itu belum mampu beradaptasi dengan baiknya UMKM terhadap market digital yang tersedia. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengembangan strategi pemasaran melalui pelatihan BMC pada mitra UMKM yang ada di Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan identifikasi kondisi, potensi dan permasalahan, kemudian melakukan pelatihan terhadap para mkitra UMKM. Hasil dari kegiatan ini diketahui membawa dampak positif pada mitra UMKM dimana pengetahuan mitra UMKM mengenai kewirausahaan, strategi pemasaran, serta tools untuk mengembangkan bisnis dengan menggunakan BMC semakin bertambah. Para mitra UMKM juga mampu mengaplikasikan keterampilan hasil pelatihan BMC pada canva BMC nya masing-masing untuk kemudian diaplikasikan pada aktivitas bisnisnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sawala

Publisher

Subject

Religion Arts Social Sciences

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal ini berkaitan dengan: Isu-isu mengenai Pembangunan Masyarakat Ekonomi Kreatif Pembangunan Partisipatif Aktualisasi Kearifan dan Budaya Lokal Isu-isu mengenai Perubahan dan Perkembangan Kebudayaan Pemetaan dan Evaluasi Kebijakan Kebudayaan Kajian Pembangunan Budaya di ...