Jurnal Administrasi Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 2 (2021): September

Inovasi Layanan Pada Masa Pandemi Covid-19, Studi Kasus Manajemen Layanan di Perpustakaan UIN Sunan Ampel

Hary Supriyatno (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2021

Abstract

Kajian ini membahas tentang inovasi layanan pada masa pandemi Covid-19 yang ada di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Selama masa pandemi yang dimulai pada tanggal 17 Maret 2020 bisa dikatakan perpustakaan hanya memberikan layanan daring. Meski sempat memberikan layanan tatap muka, namun itu hanyalah berlaku untuk hari-hari tertentu sesuai dengan regulasi yang berlaku. Dengan ditiadakannya layanan tatap muka, maka perlu dilakukan inovasi baik dari segi layanan dan koleksi agar peran perpustakaan sebagai pusat sumber informasi tetap berjalan sebagaimana mestinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yakni melakukan kajian mendalam tentang fenomena yang terjadi di masyarakat disertai penyajian dengan menggunkan kata-kata agar mudah dipahami. Adapun hasil analisis pada data hasil observasi dan dokumentasi memberikan kesimpulan bahwa terdapat tujuh inovasi layanan yang diberikan oleh Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya selama masa Pandemi, yakni layanan bebas pinjam mandiri online, layanan jaminan, layanan paket, perpustakaan digital KUBUKU UINSA, Online Information Literacy The Series, Smart Room, dan bimbingan pemustaka online.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAPI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

The journal provides on articles related to conceptual innovation or empirical research in administration, management, leadership and supervision of Islamic educational ...