Timbulnya perilaku sehat didasari pada pemahaman kesehatan yang berasal dari pendidikan. Sehingga pendidikan kesehatan sangat diperlukan terutama di lingkungan sekolah mengingat tujuan akhir dari pendidikan ksehatan adalah agar anak-anak dapat mempraktekkan cara berperilaku hidup sehat seperti cara berperilaku cuci tangan yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap cara cuci tangan pada anak usia pra sekolah. Desain penelitian ini dengan menggunakan “Pra experimental “(One Group Pra Test – Post Test Design). Sampel penelitian ini adalah semua anak usia pra sekolah di TK Nurul Ummah 23 (0 Besar) Padangan Bojonegoro. Tekinik samplingnya secara total sampling dengan responden sebanyak 24 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen observasi sebelum dan sesudah pemberian “Pendidikan Kesehatan“. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (16%) baik, (84%) cukup. Cara menganalisanya dengan menggunakan “Uji Wilcoxon“dengan tingkat signifikan P ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku cuci tangan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan pada subyek tingkat signifikasinya adalah P = 0,000. Kesimpulan ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan kesehatan terhadap cara cuci tangan yang benar. Itu berarti memperbaiki cara cuci tangan yang benar pada anak usia pra sekolah menjadi lebih baik. Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Cara Cuci Tangan
Copyrights © 2016