Journal of Economic Education and Entrepreneurship
Vol 2 No 2 (2021): December 2021

Strategi Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Ivet Semarang

Ina Sarofah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia)
Marhaeni Dwi Satyarini (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia)
Sri Setyaningsih (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Persaingan ketat antara perguruan tinggi untuk mendapatkan mahasiswa baru, mendorong PTS menyelenggarakan berbagai strategi pemasaran yang dapat menarik calon mahasiswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi, pelaksanaan, dan hasil evaluasi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Ivet Semarang tahun 2020/2021. Sumber data penelitian adalah Ketua dan anggota Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, Wakil Rektor 3, Sekretaris Yayasan,, Ka.Prodi, Dosen, dan 3 mahasiswa baru. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan data terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi promosi penerimaan mahasiswa baru, menggunakan media online seperti; whatsapp, instagram, youtube, dan media offline melalui media cetak; brosur, spanduk dan kerjasama dengan mitra eksternal 2) Pelaksanaan pendaftaran mahasiswa baru menggunakan sistem promosi tanpa tes, dan dilaksanakan secara offline dan online, 3) Hasil evaluasi menunjukkan: pelayanan PMB sangat memuaskan dan jumlah mahasiswa baru yang mendaftar dan diterima 1190 mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeee

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

We recommend articles from the following topics: Economics and Entrepreneurship instructional; Economis learning evaluation; Entrepreneurship learning evaluation; Economics and Entrepreneurship curriculum development; Experiment or development of Economics and Entrepreneurship learning strategy; ...