Setiap perusahaan berdinamika melakukan persaingan bisnis dengan menunjukkan inovasi strategi. Bolu kering Mak Plengeh merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh UD Wahyu Jaya. Untuk mempertahankan mind share, perusahaan perlu menerapkan segmenting, targeting, dan positioning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui performa STP untuk mempertahankan mind share pada produk bolu kering Mak Plengeh UD Wahyu Jaya Kota Kediri. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah (1) Segmenting, wilayah Kediri dan Surabaya, laki-laki dan perempuan dengan usia 5-70 tahun, generasi baby boom hingga alpha, kalangan menengah ke bawah, konsumtif, menyukai camilan, dikonsumsi untuk individu dan acara, konsumen puas, serta melakukan pembelian ulang, pemesanan online oleh remaja, offline oleh dewasa. (2) Targeting, distributor dan packaging merupakan segmen pasar yang cukup besar dan menguntungkan, merekrut karyawan bagian kantor yang memiliki skill, sedangkan bagian produksi belum berpengalaman, karakter senyum merupakan kekuatan diferensiasi, perusahaan memberikan pelatihan, briefing, dan evaluasi kinerja rutin, selalu menginovasi produknya, memiliki jumlah produksi yang besar, memberikan pelayanan yang baik, dan konsisten terhadap mutu. (3) Positioning, memberikan tester, informasi perizinan, dan bahan yang digunakan, berusaha agar dapat dijumpai di manapun, serta responsif terhadap pasar.Keywords: segmenting, targeting, positioning, mind share
Copyrights © 2021