Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala mahasiswa dalam menulis proposal penelitian, baik kendala secara parsial, maupun kendala yang paling dominan. Penlitian juga menganalisis perbedaan kendala yang di alami mahasiswa untuk proposal penelitian skripsi dan proposal penelitian untuk tugas kuliah. Penelitian diskriptif dan komparatif dengan variabel kendala mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PSPTB) dalam menulis proposal penelitian. Penelitian di laksanakan di PSPTB sejak bulan Februari sampai dengan Juli 2021. Populasi penelitian seluruh mahasiswa PSPTB yang sedang menulis proposal penelitian sampai dengan semester genap 2020/2021 sebanyak 118 orang (37 mahasiswa untuk proposal penelitian, dan 81 orang untuk proposal tugas perkuliahan). Teknik sampling dengan proporsioanl random sampling dengan kuota 81 orang (27 mahasiswa untuk proposal skripsi dan 45 orang untuk tugas kuliah). Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data dengan teknik analisis diskriptif dan Uji t-test dari Separated Varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa PSPTB masih sering mengalami kendala dalam menulis proposal penelitian, hal ini ditunjukkan berdasarkan rerata empirik yang diperoleh sebesar 208,63 dengan skor teoretik 39 atau 54,17%, demikian juga dengan kendala mahasiswa yang dominan menunjukkan bahwa faktor dosen dengan skor teoretik 51 atau 78,83%, menyusul faktor kualitas penulisan proposal dengan skor teoretik 40 atau 55,56%, dan faktor lingkungan sosial dengan skore teoretik 26 atau 36,11%, sedangkan ditinjau dari perbedaan kendala menunjukkan bahwa mahasiswa PSPTB yang sedang menulis proposal skripsi mengalami kendala lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa PSPTB yang sedang menulis proposal untuk tugas kuliah.
Copyrights © 2021