Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 1 No. 04 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi November 2021

Penggunaan Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Fortuna Martin Samaratungga (Universitas Kristen Satya Wacana)
Sonti Ria Kristiani Manik (Universitas Kristen Satya Wacana)
Mille Nove Millennium (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Open-Ended terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu, penelitian memiliki tujuan lain untuk menganalisis kembali penggunaan model pembelajaran Open-Ended pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode meta analisis. Dengan penulis mencari topik yang relevan guna mengumpulkan data. Data-data tersebut diperoleh dari jurnal online yang telah dipublikasi pada jurnal nasional. Penulis menemukan 5 data jurnal yang relevan terkait penggunaan model pembelajaran Open-Ended pada siswa Sekolah Dasar. Dari penelitian yang dilakukan, terbukti bahwa model pembelajaran Open-Ended mampu meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar dan berhasil memancing kreativitas siswa. Sehingga, penggunaan model pembelajaran Open-Ended mempengaruhi hasil belajar siswa Sekolah Dasar pada pembelajaran tematik maupun mata pelajaran matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...