Abstrak Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV terdapat beberapa masalah diantaranya guru hanya menggunakan metode cerama, guru hanya terpacu pada buku serta kurangnya media sehingga dapat memepengaruhi nilai dan penguasaan peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV terdapat beberapa masalah diantaranya guru hanya menggunakan metode cerama, guru hanya terpacu pada buku serta kurangnya media sehingga dapat memepengaruhi nilai dan penguasaan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untk menghasilkan media Pop-Up Book materi Keragaman Budaya Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini terdiri 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah: lembar validasi dan angket respon peserta didik. Media pembelajaran Pop-Up Book materi Keragaman Budaya Jwa Timur telah melalui beberapa tahab validasi ahi medi dan validasi ahli materi dengan hasil akhir kevalidan media memperoleh skor rata-rata 89 dengan kategori ”sangat valid”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book Keragaman Budaya Jawa Timur dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2022