Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 18 No. 2 (2021)

PERSEPSI AUDIEN PADA SOCIAL MEDIA INFLUENCER BERDASARKAN PERSPEKTIF COMMUNIBIOLOGY

Dewanto Putra Fajar (Universitas Brawijaya)
Azizun Kurnia Illahi (Unknown)
M. Irawan Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Social media influencer bertujuan mendorong masyarakat untuk mengubah perilakumereka melalui penanaman pesan-pesan tertentu, sebagaimana dilakukan oleh akun Instagram@gita_vbpr. Akun tersebut berusaha memersuasi khalayak media sosial untuk memperhatikanbentuk tubuh ideal, kesehatan, dan kepercayaan diri. Kondisi tersebut memunculkan pertanyaanutama tentang bagaimana mekanisme pembentukan persepsi dalam otak khalayak terkait informasiyang diterima dari akun tersebut. Metode analisis isi dan kajian literatur digunakan untukmenggungkapkan mekanisme dalam otak ketika individu memersepsikan pesan yang disampaikanoleh social media influencer dan menunjukkan kaitan antara proses fisiologis dalam otak manusiadengan perilaku sosial terkait informasi dari social media influencer.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jik

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

urnal ILMU KOMUNIKASI has been published since 2004 by Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Atma Jaya Yogyakarta. The publisher only accepts an original work, which has not been published elsewhere. The article should be submitted through ...