Abdimas
Vol 25, No 1 (2021): June 2021

Peningkatan Pemahaman Siswa MA Al-Wathoniyyah dengan Membuat Aplikasi Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Unity dan Vuforia

Pramono, Basworo Ardi (Unknown)
Susanto, Susanto (Unknown)
Christanto, Febrian Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Perkembangan teknologi informasi disegala bidang pada peralatan berat, otomasi pabrik hingga alat kecil. Dewasa ini hampir semua orang memegang yang namanya smartphone. konsep pengabdian akan membuat aplikasi android dengan teknologi Augmented Reality berbasis Unity dan vuforia, dengan menggunakan Unity 3D yang akan kita laksanakan adalah berbentuk pelatihan membangun aplikasi android. Kegiatan pelatihan ini di laksanakan di kampus universitas semarang dan di tunjang dengan sesi tanya jawab, Modul praktikum juga akan di berikan pada setiap peserta murid. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kreativitas siswa MA Al-Wathoniyyah yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, dunia kerja ataupun berwirausaha. Dari pelaksanaan pengabdian masyarakat adalah meningkatkan keterampilan dan kreativitas dengan menggunakan software Unity dan Vuforia ,sehingga nantinya ketika mereka terjun ke dalam masyarakat dan memilih jurusan dalam kuliah mereka bisa memiliki pemahaman tentang teknologi android dan Augmented reality .Kegiatan ini diselenggarakan di Lab Komputer Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang dengan metode ceramah dan praktik langsung. Peserta pelatihan ini adalah 22 siswa. Kegiatan berlangsung selama 1 (satu ) hari dengan  durasi 4 (empat ) jam. Melalui kegiatan ini, diharapkan ketrampilan dan pemahaman peserta meningkat terkait penggunaan perangkat lunak unity dan vuforia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Semarang sebagai wahana komunikasi penerapan ilmu pengetahuan teknologi, olahraga, budaya dan seni dalam memberdayakan ...