Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 36, No 2 (2019): October 2019

Tingkat Penguasaan Pengelolaan Bahan Literasi Guru-guru Sekolah

Harjito, Harjito (Unknown)
Nuswowati, Murbangun (Unknown)
Kasmui, Kasmui (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2019

Abstract

@font-face{ font-family:"Times New Roman"; } @font-face{ font-family:"宋体"; } @font-face{ font-family:"Calibri"; } @font-face{ font-family:"SimSun"; } p.MsoNormal{ mso-style-name:Normal; mso-style-parent:""; margin:0pt; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:none; text-align:justify; text-justify:inter-ideograph; line-height:150%; font-family:Calibri; mso-fareast-font-family:SimSun; mso-bidi-font-family:'Times New Roman'; font-size:10,5000pt; mso-font-kerning:1,0000pt; } span.msoIns{ mso-style-type:export-only; mso-style-name:""; text-decoration:underline; text-underline:single; color:blue; } span.msoDel{ mso-style-type:export-only; mso-style-name:""; text-decoration:line-through; color:red; } @page{mso-page-border-surround-header:no; mso-page-border-surround-footer:no;}@page Section0{ } div.Section0{page:Section0;}Penelitian ini bertujuan untuk memotret pengetahuan guru SDIT Mutiara Hati Semarang, mengenai penguasaan pengelolaan perpustakaan. Guru sebagai ujung tombak pendidikan, sangat penting peranannya dalam memfasilitasi siswa terkait bahan literasi. Bahan literasi yang dpilih oleh guru sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran, utamanya aspek literasi sains. Penelitian dilakukan secara eksploratif, untuk menggali informasi mengenai seberapa dalam pengetahuan guru dalam mengelola bahan literasi. Data didapatkan melalui tes awal. Analisis dilakukan dengan statistik proporsi yang bersifat eksploratif. Sampel yang digunakan adalah seluruh guru SDIT Mutuara Hati, yaitu sebanyak 14 orang dengan berbagai latar belakang pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi guru yang diteliti sebesar 35,71. Dengan nilai tersebut maka disimpulkan bahwa penguasaan guru SDIT Mutiara Hati semarang mengenai kepustakaan termasuk dalam kategori kurang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues ...