Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 10, No 6 (2021)

ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR IMAJINATIF SISWA KELAS II SD NEGERI 018 UJUNGBATU

Cici Cahyani (Universitas Riau, Riau, Indonesia)
Zariul Antosa (Universitas Riau, Riau, Indonesia)
Eddy Noviana (Universitas Riau, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas II SD Negeri 018 Ujungbatu dalam menggambar imajinatif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Waktu penelitian dimulai dari bulan Agustus Tahun 2020 – bulan Februari 2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 018 Ujungbatu dengan jumlah 12 siswa, yaitu terdiri dari 7 siswa laki-laki, dan 5 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini menggunakan rubrik penilaian kemampuan menggambar imajinatif. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik tes, yaitu tes kemampuan menggambar imajinatif. Adapun indikator menggambar imajinatif dalam penelitian ini adalah: (1) mempersiapkan perlengkapan menggambar; (2) siswa mengingat dan mendeskripsikan suasana dan objek-objek yang terdapat di pasar buah; (3) siswa membuat sketsa gambar dengan menata / menyusun minimal dua objek yang ada di pasar; dan (4) siswa mewarnai objek gambar secara konsisten dan rapi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa kemampuan siswa kelas II SD Negeri 018 Ujungbatu dalam menggambar imajinatif adalah cukup mampu, karena diperoleh rata-rata nilai sebesar 73.96 atau dengan kategori Cukup Mampu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas II SD Negeri 018 Ujungbatu cukup mampu dalam menggambar imajinatif.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...