Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 1 (2022)

ANALISIS KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN METODE HOME VISIT TERJADWAL DI SDN SERANDAKAN KECAMATAN PONTANG – BANTEN

Alda Liga Vela (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sholeh Hidayat (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Ratna Sari Dewi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Latar belakang permasalahan  penelitian ini adalah pembelajaran di masa pandemi yang mewajibkan sekolah untuk melaksankaan pembelajaran jarak jauh ataupun daring. Namun tidak semua sekolah bisa melaksankan pembelajaran daring, dikarenakan mengalami beberapa masalah sehingga pembelajaran jarak jauh atau daring tersebut tidak efektif. Kemudian diadakanlah kebijakan kepala sekolah dengan melaksanakan pembelajaran langsung menggunakan metode Home Visit sebagai solusi dari permasalahan yang sedang dialami, seperti halnya yang terjadi di SDN Serandakan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan efektivitas dari kebijakan yang ditetapkan di SDN Serandakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu metode yang berupayamengungkapkan keadaan yang terjadi saat ini, untuk selanjutnya dianalisis dan diinterpretasikan. Hasil dari penelitian ini bahwa kebijakan yang ditetapkan sudah efektif, hal itu dibuktikan dengan pembelajaran pada saat ini tetap berkualitas karena adanya pendampingan belajar di semester sebelumnya yaitu pembelajaran langsung dengan menggunakan metode Home Visit. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...