Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 10, No 6 (2021)

PENGARUH CERITA WAYANG SUKURAGA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Nurul Amalia (Unknown)
Iis Nurasiah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia)
Dyah Lyesmaya (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia)
Yoesrina Novia Vini Syafitri (Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh cerita wayang sukuraga terhadap pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Suryakencana CBM. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan memakai pengukuran skala likert yang terdiri dari 20 pernyataan dengan jawaban pernyataan antara lain: Selalu (SL), Sering (SR), Kadang-kadang (KK), Jarang (J), Tidak pernah (TP) dengan dilandaskan dalam bentuk checklist (√) pada kisi-kisi instrumen skala sikap. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest dan posttest maka dengan perhitungan uji t yang dilakukan dengan bantuan softwer IBM SPSS versi 26 dengan hasil penanaman pendidikan karakter menggunakan cerita wayang sukuraga mendapatkan sig (2-tailed) 0, 000 yaitu kurang dari  = 0, 05. Berdasarkan hasil hitung tersebut dapat disimpulkan bahwa cerita wayang sukuraga berpengaruh terhadap pendidikan karakter siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...