Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 10, No 6 (2021)

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS NUMERASI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Yunita Kristina Pardede (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuyu Yuhana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia)
Aan Subhan Pamungkas (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Kemajuan teknologi mendorong guru menjadi guru digital yang mampu melakukan inovasi dalam pembelajaran abad-21. Pengembangan media video pembelajaran menjadi solusi dalam menciptakan pembelajaran yang aktif dan popular saat ini. Berfikir kritis, sistematis dan logis dalam memecahkan masalah menjadi bagian dari numerasi, sederhananya kemampuan bernalar dalam menggunakan kalimat matematika yang melibatkan kehidupan sehari-hari. Maka dari itu peneliti membuat pengembangan media video pembelajaran berbasis numerasi untuk siswa sekolah dasar kelas III di SDS Maria Mediatrik pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan meodel penelitian ADDIE (analize, design, develop, implement and evaluate) yang bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan video pembelajaran, kelayakan video pembelajaran, respon siswa terhadap video pembelajaran dan memberikan bekal pemahaman siswa setelah menggunakan video pembelajaran berbasis numerasi. Berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi video pembelajaran memperoleh 88.33% dengan kategori “sangat layak” untuk dilakukan uji coba. Respon siswa memperoleh rata-rata 97.50% dengan kategori “sangat baik”. Hasil pemahaman menunjukkan rata-rata nilai siswa memperoleh 81.25 sehingga dapat dikatakan “tuntas” melebihi nilai 75 berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sekolah tersebut. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...