Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 10, No 6 (2021)

PEMBELAJARAN TEMATIK (METODOLOGI DALAM ISLAM)

Sedya Santosa (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Zahratul Fitria (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Konsep dasar pembelajaran tematik sebagai salah satu pembelajaran yang menggunakan metodologi dalam Islam. Adapun tujuan dalam karya ilmiah ini mengungkapkan seperti apa konsep dasar dari  pembelajaran yang kontektual atau tematik yang menggunakan suatu metode dalam prespektif islam dan mengapa pembelajaran tematik menjadi suatu konsep pembelajaran bagi anak sekolah dasar maupun anak madrasah ibtidaiyah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian Library Reseach (Kepustakaan) dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis. Adapun dari hasil penelitian ini sendiri menjelaskan tentang bagaimana (1) konsep pembelajaran tematik yang mana merupakan suatu metodologi dalam islam yang berlandaskan pada al-quran terdapat padah surah al-baqarah ayat 129 dan ayat 151 yang mana dalam ayat tersebut sudah dijelaskan bahwasannya dalam suatu pembelajaran yang mengintegralkan suatu pemahaman untuk keterampilan, ilmu, integritas, sikap dan karakter. (2)  pada pembelajaran tematik ini sendiri tentunya sangat tepat untuk diterapkan bagi anak sekolah dasar atau anak madrasah ibtidaiyah tentunya yang mana pembelajaran tematik merupakan turunan dari konsep ilmu dalam islam atau sering disebut dengan (Wahdah Al-ulum) atau dikenal dengan istilah integrasi ilmu, asimilasi ilmu, objetifitas ilmu, dan interkoneksi ilmu. (3) pembelajaran tematik terpadu yang diterapkan dan yang mana semua itu dapat dilihat dari berbagai aspek peseta didik itu sendiri baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik itu sendiri.   

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...